Kegiatan mudik di Indonesia tentu sudah menjadi ritual tersendiri bagi banyak orang. Untuk melakukan hal ini, banyak orang memilih banyak sarana transportasi yang berbeda. Mulai dari mobil, pesawat, kereta dan juga kapal. Tapi layanan yang menurut saya paling berkesan adalah perjalanan mudik dengan kereta.

Layanan mudik dengan kereta tentu sudah biasa. Namun saya pribadi baru pertama kali memilih transportasi ini. Sebelumnya saya lebih memilih bus untuk transportasi mudik, namun karena saran keluarga kereta lebih cepat, saya akhirnya coba. Untuk pembelian tiket pertama ini, saya menggunakan layanan dari Traveloka. Jika ingin mencoba sendiri silahkan kunjungi website-nya di https://www.traveloka.com/id-id/kereta-api. Berikut adalah pengalaman pertama saya!

Mudahnya Pembelian Tiket Kereta dengan Traveloka

Mudik yang saya lakukan adalah perjalanan dari Bekasi ke Yogyakarta. Pada waktu itu, saya tidak sempat merencanakan mudik karena kesibukan pekerjaan. Saya awalnya sudah takut tidak akan mendapatkan tiket bus, tapi dari perkataan keluarga besar, menggunakan layanan Traveloka akan sangat membantu.

Pada waktu itu, saya ingin cepat sampai ke Yogyakarta dan bertemu sanak keluarga lain. Nah, karena ini ada ponakan yang menyarankan untuk menggunakan kereta saja. Saat itu juga, saya buka website Traveloka dan memesan tiket Bekasi Yogyakarta sekali jalan.

Pada waktu itu, saya masih sendiri, jadi memesan tiket tempat duduk yang spot hanya satu orang saja lebih mudah. Memang karena agak mepet pesannya banyak kursi sudah terisi tapi untungnya ada kursi yang masih kosong. Sebagai konteks, saya akan berangkat 4 hari setelah pemesanan ini.

Proses pembayaran dengan Traveloka juga sangat mudah. Saya menggunakan pilihan pembayaran transfer dan semua bisa dilakukan dari depan komputer. Karena saat itu saya belum menggunakan aplikasinya, saya sedikit menyesal sekarang setelah tahu ternyata layanan yang dari aplikasi lebih ringkas.

Pengalaman Selama Perjalanan

Untuk pengalaman perjalanan bisa dibilang sangat ramai di stasiun. Mengingat hari itu H-3 dari hari Idul Fitri. Antrian memang panjang, tapi proses registrasi masuk dan naik kereta bisa dibilang sangat nyaman. Stasiun saat itu sepertinya juga diamankan karena banyak petugas yang berpatroli. Hal ini membuat keadaan tetap nyaman walaupun banyak orang memenuhi stasiun saat itu.

Saat sudah masuk kereta, udara yang didalamnya sangat nyaman. Sepertinya kereta yang saya naiki adalah baru, jadi tidak heran tampilan dalamnya masih bersih. Kursi yang saya tempati sangat nyaman walaupun kelas yang saya pilih hanya bisnis. Saya tadinya ingin yang ekonomi saja biar murah, tapi tidak dapat karena habis.

Kereta saat itu berangkat pada pukul 17.00 sore dari Bekasi. Saya memilih kereta malam karena ingin bisa istirahat selama perjalanan. Berbeda dengan bermudik dengan bus, perjalanan dengan kereta sangat lancar. Anda tidak harus merasakan bus berayun karena rem ataupun berhenti.

Hal yang membuat saya kaget adalah tersedianya colokan listrik di dinding kereta. Hal ini tentu membuat saya sangat senang. Saya bisa menggunakan smartphone sebagai hiburan selama perjalanan. Hal ini tentu tidak biasa bagi saya yang sering menggunakan bus.

Tentu banyak layanan dan fitur lain di kereta yang membuat saya menikmati perjalanan. Hal seperti layanan snack yang ditawarkan petugas, bangku yang nyaman untuk tidur dan ruang gerbong yang dingin membuat perjalanan sangat nyaman. Untuk akses kamar mandi juga tersedia di ruangan perantaraan gerbong. Kamar mandi di sini cukup bersih dan sepertinya terawat. Semua hal ini membuat saya sekarang menyukai mengendarai kereta dibandingkan pilihan transportasi lain untuk mudik.

Saya sampai di Yogyakarta waktu itu sekitar pukul 2 pagi. Pada saat sampai stasiun tampak masih ramai. Hal ini tentu wajar mengingat masih musim mudik. Tapi untuk proses turun dan cek-out cukup mudah. Turun dari stasiun lempuyangan, saya sudah mendapatkan jemputan dari sepupu dan bisa langsung bertemu dengan keluarga lain yang sudah ada di Yogyakarta.

Impressi Pribadi

Karena pengalaman yang cukup nyaman ini, saya yakin mudik dengan kereta bisa jadi pilihan yang legit. Daripada naik bus yang bisa terjebak macet ataupun mahal beli tiket pesawat, Anda bisa pilih kereta yang nyaman dan harga lebih terjangkau. Traveloka disini membuat pemesanan lebih mudah untuk kereta ini. Jadi untuk kedepannya, saya akan percayakan kebutuhan tiket perjalanan saya pada Traveloka.